Hello guys! Back in #STUDIEHH page, another IT lesson.
Kalian pasti familiar sama permainan tic tac toe, bahasa gampangnya sih S-O-S. Kalau SOS pasti pernah main kan?
Biasannya tic tac toe atau aka SOS, dimainin pakai kertas kan? Ah itu mah ga jaman lagi! Kuno tuh! Sekarang mah, jamannya pakai gadget dong! Contohnya di sini
Game klasik ini not only fun-to play, tapi juga bisa jadi cara seru untuk belajar basis coding, lho! So, grab your gadget, put on your thinking cap, dan ayo mulai!
──★ BIKIN PAPAN DULU DUNGS
First of all, kita musti bikin base untuk Tic-tac-toe dengan format Kotak kosong-X-O. Untuk X-O nya gak harus pakai huruf, kalian bisa bikin sesuai selera kalian kayak begini. Download disini

Setelah itu, tambahkan blok “when i click green flag” untuk memulai, switch sprite ke empty.
Lalu kita akan membuat kloning 3 x 3 untuk basenya dengan metode Nested Loop. Gampangnya bayangin kita membuat kotak-kotak kecil yang tersusun seperti papan catur 3×3 dengan perulangan yang di ulang 2 kali.
Setelah itu, akan muncul 10 kotak di layar scratch. Tambahkan blok “hide” agar scratch yang tidak diperlukan menghilang. Gimana caranya? Perhatikan gambar dibawah ini.

──★ Membuat player 1 dan player 2
Step setelahnya, kita akan set untuk pemain. Ketika giliran player 1 akan muncul X, dan ketika giliran player 2 akan mucul O

──★ Unique ID CELL
Selanjutnya, kita buat sistem untuk mengecek siapa yang menang. Seperti kita ketahui permainan tersebut akan dimenangkan oleh pemain yang bisa menyusunnya secara dalam 1 baris sama, 1 kolom yang sama, dan dalam diagonal yang sama.
Caranya? Buatlah variable IDCELL seperti dibawah, dengan setting for this sprite only.

Pada kumpulan blok yang pertama, tambahkan set IDCELL dan change IDCELL dengan 1.

──★ MAKING ID LIST
Agar sistem bisa menentukan pemenang, kita perlu mencatat setiap klik pemain. Misalnya, jika pemain 1 klik kotak nomor 5, sistem akan menyimpan bahwa kotak itu milik pemain 1 dengan tanda silang merah. Data ini disimpan sementara sampai ada pemenang atau hasil seri. Kita akan memanfaatkan fitur make a list seperti gambar disini.

List ini akan menyimpan data kedua pemain, namun sebelum itu, kita perlu mengosongkan list nya terlebih dahulu.

──★ Storing LIST
Setiap klik pemain akan disimpan dalam daftar. Contohnya, pemain 1 klik kotak 5, jadi daftar nomor 5 berisi ‘X’. Pemain 2 klik kotak 9, daftar nomor 9 berisi ‘O’. Kita gunakan blok ‘replace item of list with thing’ saat kotak diklik.

──★ Make a Function
Langkah selanjutnya, kita buat fungsi untuk untuk memeriksa pemenang pada permainan dengan fitur make a block.

Agar sistem bisa mengenali pemenang, kita bisa membuat rangkaian blocks seperti berikut dengan pola
➤1-2-3 ➤1-3-7 ➤1-5-9
➤4-5-6 ➤2-5-8 ➤3-5-7
➤7-8-9 ➤3-6-9

Lalu kita buat Check win untuk player X dan O


──★ Check the winner by Function
Kita perlu memanggil fungsi Check winner untuk memeriksa pemenang.

──★ Set Background
Buat background sesuai selera kamu.

Susun rangkaian blocks untuk menentujan background saat bermain, ketika X menang, ketika O menang, dan ketika seri.

Selesai deehhhh! Udah, saya pegel nih, semoga tutorial ini bermanfaat
≽^•˕• ྀི≼
Ikan lele Ikan kerapu
Sampai jumpa di lain waktu
Nice bingit tutorialnya Kinan,
Semoga dengan membagikan ilmu pelajaran yang sudah didapatkan kemudian dishare kembali melalui tulisan seperti ini, menambah pemahaman tentang bagaimana sebuah aplikasi/program dibuat.
Teruslah menulis dan berkarya,
Baarakallahufiik… d(>_< )